Menjadi ibu tunggal itu tidak mudah, tapi anda pasti bisa (bagian dua)

Sekarang anakku sudah masuk umur 7 tahun. Dia makin dewasa. Makin mengerti akan saya yang setiap harinya bekerja untuk membiayai hidup dan sekolahnya. Meski eyang putrinya sayang padanya. Bahkan terkadang memanjakan dirinya. Tapi tidak berarti kita mesti diam saja. Anak akan terbentuk dari apa yang kita usahakan.

Sekarang dia mulai terbiasa dengan kewajiban dan hak-nya di sekolah dan dirumah. Terkadang masih juga harus diingatkan urutannya. Tapi tak apa…itulah proses. Seperti halnya kita dahulu waktu kecil. Perlu proses hingga sampai ke tahap sekarang.

Kalau ingat itu semua, hati ini rasanya makin bersyukur pada Allah SWT, karena berkat nikmat dan karunianya, kami masih bisa mengurusi anak perempuan kami. Tanpa bergantung pada orang lain. Kami berusaha memberi pengertian kepada anak kami, bahwa semua ini adalah proses kehidupan yang mesti dilalui.

Ya Allah…bimbing kami untuk terus berada dijalanMu.. bimbing  kami selalu berada di dekatMu agar terang selalu jalan yang kami lalui dalam kehidupan ini.

Peranan seorang ibu memang berpengaruh besar dalam membentuk karakter si kecil dalam kehidupannya. Jika ingin anak kita baik,maka kita harus baik terlebih dahulu. Jika ingin anak sholehah, kita harus sholehah dulu. Jika ingin anak bisa menjadi penghafal al-Qur’an, kita juga harus bisa menghafal al-Qur’an.

Dulu saya pernah gagal dalam pernikahan, setidaknya saya tak mau lagi gagal dalam mendidik anak. Ya Allah…bimbing kami terus Ya Rabb…

Ingatlah selalu untuk selalu memberikan anak kebebasan dalam bermain, tapi kita wajib mengingatkan agar dia tidak melupakan kewajibannya di sekolah. Ingatlah untuk selalu menjadi sahabatnya dalam suka dan duka. Agar tercipta ikatan emosi yang kuat antara ibu dan anak.

Lain waktu kita akan lanjutkan di bagian selanjutnya. Untuk sekarang, cukup dulu ya…🙂

Sampai jumpa lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s